Just another WordPress.com site


Setiap manusia tidak akan pernah bisa hidup sendiri tanpa sang penciptanya, apalagi sebagai makluk sosial manusia akan banyak berinteraksi dengan segala masalah, cobaan sebagai bentuk ujian dari pemilik Alam semesta kepada hamba-hambanya. Alkisah ada seorang nelayan yang sangat tidak percaya tuhan namun ketika bertemu dengan seorang ulama dan ditanyalah oleh ulama tersebut “pernahkan engkau mengalami berada di tangah lautan datang hujan badai, siapakah yang kau mintai pertolongan saat itu”, nelayan pun menjawab “Alloh”

Alloh SWT berfirman : “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasannya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran”. (Q.S.Al Baqoroh : 186)

Alloh SWT telah berjanji, untuk mengabulkan segala permohonan hamba-Nya apabila ia berdo’a kepada-Nya. Namun sering terjadi, do’a seseorang seakan tidak dikabulkan, atau ketika dikabulkan tidak pada saat sesuai dengan yang seseorang minta. Sehingga sering timbul sebuah pertanyaan “akan dikabulkankah do’a saya? Kapankah do’a saya akan dikabulkan? Mengapa do’a saya tidak dikabulkan? Dsb.Terkadang/bahkan seringkali, manusia ini tidak memiliki kesabaran dan berharap do’anya dikabulkan saat itu pula, tak sabar menunggu dan kadang timbul prasangka buruk kepada Alloh, baik dilakukan secara sadar maupun tidak.

Tidak ada doa yang tidak dijawab. Seringkali jawabannya adalah TIDAK. Boleh jadi kamu membenci atau mencurigai sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Aku Maha Mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. Doa itu sesungguhnya adalah rahmatku.

Sebelum itu  cobalah kita cek setiap doa-doa kita apakah setiap doa yang kita ucapkan keluar dari hati yang paling dalam atau hanya kalimat-kalimat yg keluar dari bibir kita tanpa rasa harap dan hambar terasa, mari kita cek..berapa sering kita selepas sholat kita berdoa dgn terburu, atau kita berdoa dengan setengah hati.. bayangkan ketika berdoa pada hakikatnya kita berkomunikasi dengan Alloh ketika kita berkomunikasi dengan pemilik jiwa kita, masa kita melakukannya dengan tergesah-gesah bahkan jangan-jangan kita tidak paham apa yang kita doakan itu. komunikasi doa yg tidak efektif inilah bisa jadi menjadi sebab doa itu tidak kabul.

tidak ada doa yang tidak dijawab apalagi jika doa itu dilakukan sepenuh hati dan dengan penuh harap, hanya saja setiap doa belum tentu terkabulkan sesuai dengan yang kita inginkan, kadang pada saat itu terkabulkan, kadang lebih lama lagi dan kadang dalam bentuk yang berbeda. karena Allah maha tau kapan waktu yang pas doa itu dikabulkan, dan dengan lamanya dikabulkan doa itu bisa jadi suatu cara Allah.. jangan-jangan ketika doa itu dikabulkan pada saat yang tidak tepat kita bisa menjadi kufur nikmat karena tidak sanggup penjaga rasa syukur kepada Allah, seperti yang terjadi pada qorun

Boleh jadi kamu membenci atau mencurigai sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Aku Maha Mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (QS.2:216).

So.. jangan pernah berhenti berdoa dan bergantunglah pada Allah niscaya tiada pernah menyesal kau dapati

dan jika doa itu lama terwujud mungkin dalam dirimu ada yg berlu kau koreksi . Beristighfar sebanyak-banyaknya, demi memperoleh ampunannya. Melakukan taubat, taubatan nashuha, sambil terus berusaha melakukan berbagai upaya yang mendukung terhadap hal-hal yang kita pinta.

Dan jangan pernah berhenti berdo’a, karena Alloh akan menganggap kita sebagai orang yang sombong bila kita tidak memohon pada-Nya. “Dan Tuhanmu berfirman: “Berdo’alah kamu kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina” ( Q.S.Al Mu’min:60).

18/05/11

-Bro Hari-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: